Eman Sutrisna & Rahmawati Wulansari
Penerbit :Universitas Jenderal Soedirman
Editor Isi : Setiawati & Henie Kurniawati
Editor Bahasa : Farida Nuryantiningsih
Tebal : ix, 153 halaman
Ukuran : 15,5 x 23 cm
ISBN : 978-623-465-172-0
Sinopsis :
Pemberian pada anak memerlukan pertimbangan yang cermat terutama terkait jenis dan dosis obat yang diberikan serta kesesuaian formulasi sediaan dengan usia anak. Anak-anak bukan “orang dewasa kecil” sehingga tidak semua obat yang digunakan untuk orang dewasa dapat diberikan kepada seorang anak. Ada perbedaan variasi fisiologis antara anak dan orang dewasa, termasuk ontogeni kematangan organ dan komposisi tubuh yang secara signifikan dapat mempengaruhi mekanisme kerja, efektivitas dan keamanan obat-obatan. Selain aspek farmakologi obat yang perlu diperhatikan, aspek teknis pemberian obat pun menjadi hal yang sangat penting diperhatikan untuk meningkatan kepatuhan anak dalam minum obat. Salah satu komponen penting pada aspek ini adalah pendekatan psikologis yang tepat bagi anak. Pendekatan yang salah akan berakibat peningkatan ketidakpatuhan dan penolakan dari anak.
Pemahaman terhadap aspek farmakologis dan psikologis pemberian obat pada anak merupakan salah satu kompetensi penting yang wajib dikuasai oleh setiap mahasiswa kedokteran. Penguasaan terhadap kompetensi ini akan mengarahkan mahasiswa untuk menjadi lulusan dokter yang mampu memberikan obat dengan benar pada anak dan sekaligus mampu memberikan edukasi kepada para orang tua dalam memberikan obat secara rasional pada anak tanpa mengganggu kondisi psikologis anak yang sakit.
Buku ajar ini menjelaskan materi-materi inti yang relevan dengan penguasaan kompetensi terkait pemberian obat pada anak yang berbeda dengan orang dewasa dengan memperhatikan kondisi psikologis anak. Topik-topik yang dibahas mengajak mahasiswa untuk memahami dan mampu menjelaskan perbedaan anatomi dan fisiologis anak dengan dewasa yang mendasasi kemampuan untuk memberikan obat yang tepat dan aman untuk anak. Selain itu juga menjelaskan prinsip farmakoterapi pada anak, pengenalan efek samping obat pada anak, aspek psikologis anak sakit dan prinsip pendekatan psikologis anak sakit agar anak lebih patuh terhadap pengobatan. Untuk mendukung pencapaian kompetensi pembelajaran yang komprehensif, di dalamnya dijelaskan pula beberapa aspek penting yang terkait dengan pendekatan farmakologis dan psikologis pemberian obat pada anak. Untuk mendukung pemahaman, pada setiap akhir bab dilengkapi dengan rangkuman dan beberapa soal latihan yang membantu mahasiswa untuk menguji penguasaan hasil belajarnya. Jika mahasiswa membutuhkan pendalaman lebih lanjut, pada akhir buku ini disediakan pula informasi daftar referensi yang dapat digunakan.