Card image cap

Teknologi Tepat Guna Pemanfaatan Kegiatan English Movie Club untuk Peningkatan Kesadaran Gender

Penulis :

Ririn Kurnia Trisnawati, Mia Fitria Agustina, Dian Adiarti, dan Eka Dyah Puspita

Penerbit :

Universitas Jenderal Soedirman

Keywords :

Abstrak :

Editor Isi : Tyas Retno Wulan S.
Editor Bahasa : Gita Anggria Resticka dan Dian Ari Safitri
Tebal : vi, 106 halaman
Ukuran : 15,5 x 23 cm
ISBN : 978-623-465-135-5
E-ISBN: 978-623-465-137-9 (PDF)

 

Media pembelajaran semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan inovasi dalam dunia pendidikan. Film merupakan salah satu media yang mulai sering digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran. Hal ini karena film dapat dengan mudah menarik perhatian penonton sehingga dapat mempermudah penerimaan informasi dan pemahaman konsep dalam proses pembelajaran. Selain itu, film juga seringkali mengangkat isu-isu sosial yang penting dalam masyarakat, termasuk isu gender. Dengan demikian, film dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu menjadi media dalam menyebarkan kesadaran dan pemahaman tentang isu gender di masyarakat. 

Penggunaan film sebagai media pembelajaran juga memerlukan langkah-langkah khusus agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dengan didasarkan pada penelitian tentang peningkatan kesadaran gender, langkah-langkah yang terdapat pada buku ini terbukti mampu dan efektif  dalam meningkatkan kesadaran gender. 

Buku TTG ini berisi tentang penjelasan mengenai alur penerapan penggunaan film sebagai media untuk meningkatkan kesadaran gender melalui pembuatan movie review. Buku ini juga disertai dengan penjelasan mengenai definisi dan pemahaman dasar tentang gender, berbagai contoh, serta hasil penerapan teori sehingga buku ini cocok dijadikan bahan bacaan bagi para tenaga pendidik maupun masyarakat pada umumnya.