Didik Rilastiyo Budi
Penerbit :Universitas Jenderal Soedirman
Editor Isi : Wildan Qohhar
Editor Bahasa : Lalita Melasarianti
Tebal : vi, 148 halaman
Ukuran : 15,5 x 23 cm
ISBN : 978-623-465-202-4
Sinopsis :
Buku Ajar Perencanan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, berisikan tentang definisi dan konsep perencanaan, definisi pembelajaran Penjas, model pembelajaran Penjas, modifikasi dalam pembelajaran Penjas, serta langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Buku ajar ini, juga disusun sebagai referensi bagi mahasiswa pada mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, dengan bobot 2 SKS yang diajarkan secara teori pada Jurusan Pendidikan Jasmani FIKes Universitas Jenderal Soedirman.
Perencanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani adalah proses merencanakan kegiatan pembelajaran yang terkait dengan aktivitas fisik, permainan, dan olahraga dalam konteks pendidikan. Perencanaan ini melibatkan pemilihan tujuan pembelajaran yang spesifik, pengembangan materi pembelajaran yang sesuai, penentuan strategi pembelajaran yang efektif, serta evaluasi untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.
Dalam perencanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani, tujuan utamanya adalah mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan kebugaran fisik, dan membentuk sikap positif terhadap aktivitas fisik. Tujuan lainnya dapat meliputi: pengembangan kemampuan sosial, kerjasama, disiplin, tanggung jawab, pemahaman tentang pentingnya olahraga, dan aktivitas fisik dalam kehidupan sehat.
Perencanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti kebutuhan dan minat siswa, ketersediaan sarana dan prasarana, serta waktu yang tersedia. Dengan adanya perencanaan yang baik, pembelajaran Pendidikan Jasmani dapat menjadi lebih terstruktur, efektif, dan memenuhi tujuan pendidikan secara holistik.